RUPSLB Bank Tapin

RUPS 2024, Pemprov Kalsel Siapkan Dokumen Finalisasi Merger PT BPR Batola dan PT BPR Tapin Sejahtera

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dukung terlaksananya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Milik Pemerintah Daerah Provinsi Kalsel mengenai Rencana Bisnis 2024 dan Finalisasi Penyampaian Dokumen Persiapan Pelaksanaan Merger dalam rangka Pembahasan lebih lanjut terkait penyampaian finalisasi dokumen Penggabungan PT. BPR Tapin Sejahtera dan PT. BPR Batola, Kabupaten Banjar, Senin (29/4/2024).

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Agus Dyan Nur menyampaikan BPR Batola dan BPR Tapin melakukan penggabungan (merger) dan sudah disepakati bersama oleh kedua belah pihak .

“Kedepan kita akan melakukan proses tahapan selajutnya ke pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk verifikasi yang hasilnya akan segera kita tindak lanjuti,” ujarnya.

Agus menyebutkan, target penyelesaiannya hingga akhir 2024 ini, dan penyerahan berkas akan direncanakan pada April ini.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Kuala Mujiyat menyampaikan rasa syukurnya karena Barito Kuala telah mendapat sebuah kepastian mengenai kondisi BPR Barito Kuala yang telah merger dengan BPR Tapin sehingga ini menumbuhkan satu harapan baru mengenai permasalahan yang sebelumnya dihadapi akan segera selesai.

“Mudah-mudahan dengan marger ini perkreditan yang tertinggal, saham yang tertinggal akan segera diselesaikan agar semua tidak ada yang merasa dirugikan,” ucapnya. MC Kalsel/scw

Sumber : https://diskominfomc.kalselprov.go.id/2024/04/29/rups-2024-pemprov-kalsel-siapkan-dokumen-finalisasi-merger-pt-bpr-batola-dan-pt-bpr-tapin-sejahtera/

Undian Tabungan Tamasta Periode Ke-3

Bank Tapin,-

Dilaksanakan dengan nuansa berbeda, Pengundian Tabungan Arisan Masyarakat Tapin (Tamasta) Periode Ke-3 Tahun 2024 kali ini dilaksanakan di lantai 2 Kantor Pusat PT.BPR Tapin Sejahtera pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2024 dan dihadiri oleh undangan Nasabah Tabungan Arisan Masyarakat Bank Tapin. Tamu undangan yang hadir pada saat acara pengundian tampak sangat antusias, terlihat dari kehadiran dan keceriaan dari semua tamu undangan. Berbagai macam doorprize dibagikan kepada tamu undangan yang beruntung dan seluruh tamu undangan mendapatkan souvenir dari Bank Tapin.

Untuk pelaksanaan pengundian Tabungan Arisan kali ini, seluruh nasabah Tabungan Arisan Masyarakat Tapin (Tamasta) yang setoran tabungan arisannya dilakukan rutin setiap bulan sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) selama 30 bulan dan diundi setiap 6 bulan sekali, kembali berhak mendapatkan kesempatan pengundian dengan hadiah 1 gram emas untuk 6 (enam) orang dan 1 buah sepeda motor Honda Beat bagi nasabah yang beruntung.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Tapin Bapak Hipka Mubadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah tabungan baik tabungan arisan maupun tabungan reguler di Bank Tapin yang sudah mempercayakan simpanannya di Bank Tapin, dan juga Direktur Utama Bank Tapin kembali menghimbau kepada seluruh nasabah untuk terus meningkatkan saldo tabungannya di Bank Tapin sekaligus Bank Tapin mempromosikan kembali 1 (satu) produk terbaru Tabungan Arisan SIMARMAS GO yang mana setoran setiap bulannya Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah) selama 30 bulan dan akan kembali dilakukan pengundian setiap 6 bulan sekali.

 

 

 

Bank Tapin Raih THE ASIANPOST BEST REGIONAL CHAMPION 2024

Infobank menggelar GOVERNMENT REGIONAL CHAMPION FORUM 2024 yang bertajuk AGILITY BUMD KEUANGAN DI TENGAH KETIDAKPASTIAN EKONOMI.

Kegiatan ini dibuka dengan Literasi & Edukasi Keuangan bersama BI, OJK, LPS, untuk mendukung peningkatan well financial literated bagi para wanita mandiri dan sektor ekonomi kreatif. Selanjutnya kita akan mendengarkan Keynote dari Regulator seputar kondisi perekonomian makro hingga kode etik lembaga keuangan, dan juga Sharing dari Asosiasi yang menaungi BUMD Keuangan untuk terus mendorong terciptanya inovasi dan tata kelola yang prudent dan likuid bagi lembaga keuangan milik Pemerintah Daerah.

Adapun kegiatan ini digelar pada rincian agenda berikut:

Day/Date                     : Jumat, 31 Mei 2024

Time                            : 12.00 s.d. 21.00 WITA

Venue                          : The Stones Hotel Kuta, Jl. Raya Pantai Kuta, Banjar, Legian, Bali 80361.

Pada puncak kegiatan, Infobank akan menyematkan Apresiasi TheAsianPost BEST REGIONAL CHAMPION 2024 kepada Bank Pembangunan Daerah, Bank Perekonomian Rakyat Konvensional & Syariah, serta Perusahaan Penjaminan Daerah pencetak rapor kinerja keuangan terbaik.

Untuk itu, infobank mengucapkan selamat kepada BPR TAPIN SEJAHTERA (PT) – TAPIN yang telah berhasil menjadi salah satu BPR terbaik penerima Apresiasi TheAsianPost BEST REGIONAL CHAMPION 2024.

Puji Kinerja Bank Tapin, Pj Bupati: Selalu Buat Inovasi Untuk Bantu Masyarakat

RANTAU – Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin puji kinerja Bank Tapin, karena menurutnya pengelolaan sudah sangat baik. Terbukti hingga sekarang perbankan milik Pemerintah Kabupaten Tapin tersebut selalu sehat. “Kita apresiasi pengelolaan manajemen Bank Tapin saat ini, karena berhasil membawa perubahan,” tuturnya.

Karena sebelumnya manajemen ini mendapatkan warisan dari kondisi kurang baik. “Namun, dengan datangnya manajemen ini, Alhamdulillah berangsur positif dan sekarang sudah bisa menghasilkan PAD,” tuturnya. Namun walaupun begitu, ia berharap direksi dan komisaris Bank Tapin bisa terus melakukan inovasi. “Supaya bisa meningkatkan kinerja serta keuntungan Bank Tapin,” tuturnya. Tidak hanya itu, inovasi terus dilakukan agar masyarakat Kabupaten Tapin bisa terus terbantu dengan adanya Bank Tapin. “Ini yang kita harapkan dari bank Tapin,” paparnya.

Sumber : https://radarbanjarmasin.jawapos.com/banua/1974600925/puji-kinerja-bank-tapin-pj-bupati-selalu-buat-inovasi-untuk-bantu-masyarakat

Bank Tapin raih penghargaan Top BUMD Award 2024

Tapin, Kalsel (ANTARA) – Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih penghargaan Top BUMD Award 2024 dari Majalah Business di Jakarta.

Direktur Bank Tapin Hipka Mubadi mengatakan penghargaan tersebut diberikan, karena pertumbuhan sehat bank dari tahun ke tahun serta layanan kepada nasabah yang baik.

“Kunci bagi BPR Tapin dalam melayani nasabah yakni keluwesan dan kecepatan. Keluwesan ini diartikan, kami mengutamakan pendekatan personal dan fleksibilitas model pinjamannya, sedangkan kecepatan artinya proses layanan cepat, persyaratan mudah dan bunga ringan,” katanya saat dikonfirmasi di Tapin, Kamis (21/3) malam.

Ia menekankan Bank Tapin berkomitmen mendorong pertumbuhan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar terus meningkat untuk merangsang ekonomi kerakyatan di kabupaten tersebut. Bahkan pada 2024 kredit tersalurkan plafon Rp74 miliar.

“BPR Tapin hadir dengan komitmen dan peran serta aktif dalam membangun sosial ekonomi serta memberikan kontribusi yang penting dalam membangun masyarakat Tapin,” ujarnya.

Bank milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin ini dalam menjalankan tugasnya telah dilengkapi dengan beragam fitur dan layanan yang mumpuni untuk kemudahan nasabah.

Misalnya, dilengkapi dengan mobile pay (setoran pick up melalui AO secara realtime) ke tempat nasabah (door to door), kemudahan angsuran virtual account, pemanfaatan cash management system (QRIS, EDC-transfer antarbank), dan kolaborasi dengan fintech (penempatan deposito melalui market place dan pembiayaan modal kerja secara daring).

Acara Top BUMD Award 2024 merupakan kerja sama antara Majalah Top Business dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda) serta didukung berbagai lembaga dan institusi terkemuka lainnya.

Selain itu, Direktur Bank Tapin ini juga turut diberikan penghargaan kategori Top CEO BUMD Award 2024, dan Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin dianugerahi Top Pembina BUMD Award 2024.

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan Bank Tapin layak mendapatkan penghargaan tersebut termasuk penghargaan sebelum-sebelumnya, hal ini mengingat pertumbuhan ekonomi yang sehat terjadi dari tahun ke tahun di Kabupaten Tapin.

“Bank Tapin ke depan memiliki potensi untuk terus berkembang. Yang terpenting, UMKM bisa memanfaatkan Bank Tapin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya pula.

Dia mengatakan pergerakan Bank Tapin sesuai dengan tema acara, yakni “Penguatan Tata Kelola Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”.

“Ajang ini bagus, dan menjadi landasan bagi para pemenang untuk terus meningkatkan kualitas serta kontribusi nyata dalam pembangunan daerah,” ujar Syarifuddin.

Bank Tapin Masuk Dalam Rating 417 BPR Versi Infobank

Infobank menggelar kegiatan BANKING MASTERY FORUM & APPRECIATION 2024 yang bertajuk ARAH KEBIJAKAN EKONOMI DAN KEUANGAN PEMERINTAHAN BARU, yang akan dibawakan oleh seorang ekonom senior Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2003 s.d. 2008, dan saat ini mengemban tugas sebagai Ketua TKN Presiden terpilih, Bapak Dr. Ir. BURHANUDDIN ABDULLAH, M.A.

Kegiatan dibuka dengan Keynote Speech dari Regulator dengan tema Penguatan dan Pengembangan Perbankan di Era Suku Bunga Tinggi. Sebagai puncak acara, Infobank akan menyematkan Apresiasi dan Pengakuan BANKING APPRECIATION 2024 kepada puluhan Bank Umum, serta BPR RECOGNITION 2024 kepada ratusan BPR nasional dengan rapor kinerja keuangan gemilang.

Kegiatan selenggarakan pada:

Day/Date                           : Kamis, 29 Agustus 2024

Time                                   : 11.30 s.d. 18.30 WIB

Venue                                : Shangri-La Hotel – Jakarta

Infobank mengundang PT.BPR TapinSejahtera dalam kegiatan ini, guna menyimak forum yang bermanfaat bagi keberlanjutan dan pengembangan industri perbankan, serta menerima Apresiasi 15th INFOBANK BPR RECOGNITION 2024.

BPR Tapin Sejahtera Raih Penghargaan TOP GRC Awards 2024

Tahun ini untuk pertama kalinya, PT BPR Tapin Sejahtera (Perseroda) atau Bank Tapin Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, masuk nominasi sebagai salah satu finalis mengikuti penilaian dan wawancara penjurian untuk penghargaan “TOP GRC Awards 2024”.

Presentasi dan wawancara penjurian dilakukan Direktur Utama BPR Tapin Sejahtera, Hipka Mubadi secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang diselenggarakan Majalah TopBusiness Jakarta dengan materi presentasi berjudul “Pengaruh Integrasi GRC, ESG Dan SDGs Terhadap Keberlanjutan Bisnis.”

Sesuai visi yang diusung “Menjadi BPR Sehat, Berdaya Saing, Aman dan Terpercaya,” PT BPR Tapin Sejahtera (Perseroda) atau Bank Tapin Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, juga terus berbenah untuk daya saing dan kinerja bisnis yang lebih baik. Upaya ini di antaranya dilakukan dengan menerapkan tata Kelola Perusahaan yang Baik, atau dikenal Good Corporate Governance (GCG), manajemen risiko, dan kepatuhan secara terintegrasi.

Penerapan GCG juga untuk tolak ukur atas kemampuan perusahaan dalam menjalankan aktivitas operasional dan proses bisnis secara sehat. Upaya ini juga selaras dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 9 Tahun 2024 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (POJK Tata Kelola).

Penguatan tata kelola ini juga sejalan komitmen para pemegang saham untuk terus mendorong dan menjadikan BPR Tapin Sejahtera, agar bisa terus meningkatkan daya saing dan bisnis secara berkelanjutan. Termasuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi, agar bisa terus berperan mendukung program-program pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, melalui penyediaan produk dan jasa layanan perbankan, sesuai karakteristik dan potensi daerah.

Di tengah kemajuan dan dinamika pasar yang kian berkembang, termasuk adanya kemajuan era digital, manajemen BPR Tapin menilai bahwa untuk Sustainable Business, integrasi atau mensinergikan prinsip Governance, Risk, and Compliance (GRC), Environmental, Social, and Governance (ESG), dan juga Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi hal yang sangat penting.

Hal ini juga sejalan dengan salah satu misi yang ditetapkan Perusahaan yakni “Selalu berupaya menjaga 6 Risk berdasarkan KU, dan Pola Transaksi, di antaranya; risiko likuiditas, risiko operasional, risiko kepatuhan, risiko kredit (kualitas kredit), risiko reputasi, dan risiko stratejik.”

Integrasi berbagai aspek tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa dalam aktivitasnya, perusahaan tak hanya mengedepankan bisnis dan mematuhi regulasi yang berlaku, tetapi juga harus bisa berkontribusi pada keberlanjutan global dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan Masyarakat.

“Terkait Risk Management, kami menilai bahwa pengelolaan risiko menjadi sebagai elemen penting dalam mencapai keberlanjutan bisnis. Dengan mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko secara proaktif, BPR Tapin dapat mengurangi potensi kerugian dan memaksimalkan peluang usaha,” ujarnya kepada Tim Juri penilai.

Turut hadir dalam wawancara penjurian ini, di antaranya Komisaris Utama Dr. H. Muhammad Syaukani, ST, Mcs, M.Kom, Komisaris H. Iwan Rachmadi, SE, Direktur Operasional dan Kepatuhan BPR Tapin Hj. Noorjanah, SE, serta beberapa kepala cabang.

Sedangkan Dewan Juri terdiri Prof. Dr. H. M. Wahyudin Zarkasyi., CPA (Guru Besar FE Universitas Padjajaran Bandung), Dr. Melani K. Harriman (Founder Melani K Harriman & Associate), Kusuma Prabandari (CEO Dwika Consulting), serta Dwinda Ruslan (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro) yang dipandu Moderator -Ahmad Chury dari MSI Group.

Dalam presentasinya, Dirut BPR Tapin Hipka Mubadi juga menyampaikan banyak hal terkait inisiasi dan terobosan program bagi peningkatan dan pengembangan usaha dengan pendekatan risk management ini. Pengelolaan risiko akan bisa mengurangi potensi kerugian dan memaksimalkan peluang usaha. Demikian juga kepatuhan terhadap hukum dan regulasi yang sangat diperlukan untuk menjaga reputasi BPR Tapin dan menghindari sanksi hukum.

Diungkapkan bahwa dalam implementasi GCG perusahaan mengacu berbagai regulasi, baik eksternal yang juga diperkuat dengan kebijakan internal. Di antaranya peraturan -POJK No. 4/POJK.03/2015 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perkreditan Rakyat SEOJK No 5/SEOJK.03/2016 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perkreditan Rakyat. Juga adanya sistem & kebijakan GCG (SK Direksi, SK Komisaris, Peraturan Perusahaan, Pedoman Perusahaan, dan lainnya yang terkait GCG.

“Tata kelola yang baik memastikan transparansi, akuntabilitas, dan keadilan dalam pengelolaan perusahaan yang pada gilirannya bisa meningkatkan kepercayaan dari para pemangku kepentingan. Kami meyakini implementasi GRC yang efektif dapat membantu perusahaan mengurangi risiko serta meningkatkan efektivitas kontrol, keamanan, dan kepatuhan melalui pendekatan terintegrasi dan terpadu. Sehingga bisnis bisa terus berkelanjutan dengan daya saing dan tingkat kepercayaan yang makin tinggi,” ujar Hipka Mubadi.

Saat ini perusahaan juga merancang model proses bisnisnya dengan menganut prinsip Pertahanan Tiga Lapis, di mana manajemen risiko ikut memperkuatnya, sebagaimana yang tertuang dalam Manual Manajemen Mutu. Perusahaan mengadopsi Model Tiga Lini seiring dengan meningkatnya maturitas dan pemahaman Perusahaan untuk memperkuat tata Kelola Perusahaan yang baik.

Demikian juga compliance (kepatuhan) terhadap hukum dan regulasi, juga terus diperhatikan, baik dari OJK, BI, atau pun pemegang saham dan kebijakan umum terkait usaha BPR ini. “Manajemen melihat kepatuhan sebagai kewajiban yang harus dipenuhi untuk menjaga reputasi BPR Tapin dan menghindari sanksi hukum,” ujarnya.

Di tengah kemajuan teknologi informasi dan digital, BPR Tapin juga telah mengimplementasikan sistem aplikasi Teknologi Informasi dalam mendukung Pengelolaan Bisnis, termasuk untuk dalam pelaksanaan GRC ini. Dalam menjalankan operasional perbankan, Bank menggunakan Core Banking System (CBS) terintegrasi yang dapat diakses secara online (system cloud) di seluruh jaringan kantor Bank Tapin dan dapat di akses melalui smartphone oleh karyawan/TI bank.

Seluruh AO Dana telah dilengkapi dengan Mobile Pay agar dapat memberikan layanan penyetoran dari nasabah/ masyarakat saat pick up/delivery dengan transaksi real time. Dengan Mobile Pay (setoran pick up melalui AO bisa dilakukan secara real time) ke tempat nasabah (door to door), juga kemudahan pembayaran angsuran virtual account, pemanfaatan Cash Management System (QRIS, EDC, Transfer Antar Bank) dan lainnya.

Selain itu, BPR Tapin juga melakukan jejak pengembangan digital, di antaranya pengembangan website, Finpay Money E-Cash, Kerja sama dengan Fintech (marketplace deposito channeling dan Pembiayaan Modal Kerja online), Pemanfaatan Akses NIK Dukcapil kerja sama dengan Perbarindo dan Produk Tabungan Bersama SImarmas Go, Tabungan Arisan dan Kredit KPR GriyaMida).

Dalam mendukung upaya digitalisasi, Bank Tapin telah berkerja sama dengan Perbarindo meluncurkan aplikasi BPR-E Cash sebagai sarana pembayaran digital dan transfer Bank yang dapat diakses 24/7.

Perusahaan juga mulai menginisiasi Teknologi Informasi dalam mendukung implementasi GRC yang mengintegrasikan pengelolaan bisnis dan operasional dengan upaya mitigasi risiko. “Rencana tahun depan bank tapin akan mengembangkan TI berbasis WEB untuk support internal. Di antaranya Aplikasi Sikabar (Sistem Informasi Karyawan), Aplikasi SIDIA (Sistim Digital Arsip dan Nota Dinas), Aplikasi Kredit Online (mulai Permohonan, Realisasi sampai dengan pengawasan kredit) dan Aplikasi Inventaka (aplikasi manajemen Inventaris support ke OBOX),” terangnya.

Berbagai inisiasi terkait penerapan GRC yang juga berdampak pada capaian kinerja yang makin meningkat. Misalnya tahun 2023, tercatat PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tapin Sejahtera kumpulkan laba bersih sebesar Rp 1,1 miliar, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 851 juta. Sementara itu, untuk rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) 2023, BPR Tapin Sejahtera mampu menekannya hingga angka 4,6 persen (kategori sehat), di bawah rasio NPL BI (Bank Indonesia) yaitu maksimal 5 persen Demikian juga aset, penghimpunan dana dari pihak ketiga maupun kinerja pembiayaan yang juga kian meningkat.

Perusahaan juga membuat kebijakan terkait yang terkait dengan isu lingkungan melalui pendekatan ESG, Program Tanggung Jawab sosial dan lingkungan melalui CSR. Sehingga pada akhirnya, Bank Tapin selain bisa terus meningkat kinerja bisnis juga peran sosial dukungan bagi pembangunan daerah.

FDG Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Kantor Sekretariat Daerah Kab.Tapin melalui Ekonomi dan Pembangunan menyelengarakan “ Focus Group Discussion Tanggung Jawab Sosial Perusahaan” diantaranya pengelolan CSR Perusahaan yang akan dikerjasamakan dengan bank tapin dengan Perusahaan Pertambangan dan Perkebunan untuk mendapatkan akses permodalan UMKM disekitar lingkungan perusahaan atau binaan perusahaan dengan pola kerjasama subsidi bunga CSR, dimana bank tapin menyambut sinergitas tersebut dengan Meluncurkan ” Program KURDA SEJAHTERA”, Fasilitas Kredit dengan bunga ringan terjangkau.

FGD Bank Tapin

Bank Tapin difasilitasi oleh bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Melakukan Focus Group Discussin tentang Penguatan BPR Milik Pemda Dalam Perekonomian Daerah diantaranya penguatan dalam pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa/ Siltap Perangkat Desa.

FGD dihadiri oleh Pj.Bupati Tapin, Plt Asisten Dua Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah dan jajarannya, Kepala SKPD terkait pengelolaan DD/ADD/Siltap, dan Seluruh Camat, Kepala Desa Sekabupaten Tapin, Dewan Komisaris dan Direksi PT.BPR Tapinsejahtera.

Dalam FGD Sebagian besar Kepala Desa setujui pengelolaan DD/ADD melalui Bank Tapin dengan melihat aksesibilitas layanan Bank tapin yang menjangkau diseluruh kecamatan kabupaten tapin.